Langsung ke konten utama

Kebiasaan Ini Tak Pernah Absen Saat Idul Fitri, yang ke Empat Paling Sering!


LIMAINDO
- Setelah perjuangan melawan segala godaan selama Ramadan, kini tibalah hari kemenangan. Sama Seperti tahun sebelumnya Idul Fitri 1437 hijriah selalu menjadi momen istimewa.

Karena pada saat inilah banyak masyarakat yang mudik ke kampung halaman guna lebaran bersama sanak famili.  Ada banyak cerita yang
bisa disampaikan kala berjumpa saudara atau teman dari perantauan.

Selain bertemu karib kerabat, Idul Fitri tidak bisa terlepas dari banyak tradisi yang menyertainya. Berikut yang Limaindo rangkum hal-hal yang senantiasa ada Saat perayaan Idul Fitri di Indonesia.

SALAM TEMPEL

Entah dari mana asal muasalnya. Tiap Idul Fitri bagi mereka yang bekerja dirantau orang acap kali pulang dengan membawa beberapa lembar rupiah untuk dibagikan kepada anak-anak dari saudara atau tetangga dekat.

Hal ini pula yang membuat anak-anak setelah shalat Id bersemangat untuk menyalami om atau tantenya. Tentu dengan harapan ada salam tempel. Yang bisa dijajankan beli minuman soda atau mainan kece bahkan pistol-pistolan. Biasanya juga, sehabis dapat salam tempel para bocah lomba-lombaan paling banyak dapat duitnya. Kamu pasti pernah ngerasainkan? Jujur aja :)

MAKANAN ENAK MELIMPAH

Karena sebulan penuh menahan diri, Hari Raya Idul Fitri Biasanya tidak afdol tanpa panganan lezat dan nikmat yang disajikan buat tamu yang datang.

Ada yang pesan atau masak sendiri lontong, ketupat, soto, miso, opor ayam, dan sebagainya. Semuanya sebagai bentuk syukur dan luapan rasa bahagia nisa berkumpul dengan saudara yang sudah lama tidak bersua. Tetapi perlu diingat juga, makan makanan berlebihan bisa bikin sakit misalnya gangguan pencernaan akibat makan yang tidak teratur.

RAME-RAME KE RUMAH GURU

Selain mengunjungi orangtua atau saudara, momen Idul Fitri atau hari kemenangan ini dijadikan sebagai hari rame-rame ke rumah guru. Memang belakangan ini sedang hangat dibahas soal banyak guru yang dilaporkan ke polisi akibat memberikan sanksi kepada muridnya.

Namun meski begitu masih banyak murid yang merasa bahwa guru ialah sosok yang berarti. Sebagai pengganti orangtua di sekolah, menjadi seorang guru dengan beban berat mendidik bukanlah tugas yang mudah. Maka itu jangan heran rumah-rumah guru selalu dikunjungi mantan murid hanya untuk bersilaturrahmi dan memohon maaf. Karena tugas seorang guru itu mulia. Selain sama orangtua di rumah, jangan durhaka sama guru ya.

BANJIR PERTANYAAN 'KAPAN?'
Nah, ini dia. Sebaiknya sebelum mudik kita sudah punya persiapan. Siap-siap buat APA? Tentu, untuk menjawab ramainya pertanyaan 'Kapan?'

Entah kenapa pertanyaan 'Kapan?' Tidak pernah absen setiap kali lebaran berulang. Nah misal kalau masih mahasiswa pertanyaannya "Kapan Lulus?" Kalau sudah lulus "Kapan kerja?"

Kalau sudah kerja, "Kapan Nikah?" Kalau sudah nikah, "Kapan punya anak?" Kalau sudah punya anak, "Kapan nambah Adek?" Kalau anaknya sudah setengah lusin, "Kapan nambah istri?" Nah, begitu terus 'kapan, kapan, kapan, kapan, kapan..." sampai lebaran tahun depan. Ngeselinkan. Jadi harus prepare sedari diri guys.

PERGI REKREASI
Ini yang ke lima. Pulang ke kampung halaman alias mudik sudah, bermaaf-maafan sudah, bagi-bagi salam tempel sudah, makan makanan lezat seperti ketupat juga sudah gak muat lagi di perut. Nah, sebagai penutup jelang kembali ke aktivitas semula, rekreasi adalah kegiatan yang paling ditunggu.

Bagi yang lebaran di suasana desa jauh dari hinggar bingar perkotaan tentu punya daya tarik sendiri.  Seperti pergi menghabiskan waktu melihat panorama alam, atau berburu kuliner tempatan menjadi agenda yang paling ditunggu. Membuat pusat rekreasi penuh dan padat pelancong.

Apalagi dengan menghabiskan waktu libur lebaran bisa berfoto-foto. Sambil menyelam minum air, mudik sekaligus rekreasi dengan mengabadikan momen berharga dengan gadget yang semakin canggih. Bisa diupload ke media sosial Seperti Facebook, path, twitter, Instagram, dan sebagainya.

Yang tinggal di perkotaan juga rekreasi belanja di pusat perbelanjaan. Tetapi perlu diingat, merayakan lebaran seperlunya saja. Jangan sampai terjebak pada pemborosan. Karena kita tidak pernah tahu, kebutuhan yang dibutuhkan nanti setelah lebaran. Lebih baik sedia payung sebelum hujankan?

Sekian dulu rangkumannya. Limaindo mengucapkan Taqabbalallahu Minna wa Minkum, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal di bulan Ramadan di terima di sisi Nya dan di hari yang Fitri ini kita menjadi orang yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Kartun Saitama One-Punch-Man Belum Terungkap

LIMAINDO - Bagi para pengemar manga atau kartun tentu tahu tokoh Saitama yang sedang jadi buah bibir saat ini. Demam anime Saitama atau One Punch Man ini bahkan telah menjadi buah bibir para otaku seluruh dunia. Tiap hari google search ramai pencarian kata kunci anime yang bercerita seorang pengangguran ingin jadi super hero atau pahlawan karena hobi. Dengan kekuatan besar, Saitama hanya membutuhkan sekali hantaman untuk menghancur leburkan apa pun. Saitama kekuatannya diakui Cyborg Genos sebagai sensei , yang merupakan 17 top orang terkuat level S dari Asosiasi Pahlawan. Tidak hanya fisik, si One Punch Man ini harus menghadapi kecemburuan dari para pahlawan lain yang ternyata memiliki dinamika sendiri. Bahkan antara hero kelas C, B, A, serta S mempunyai persoalan yang cukup pelik. Tapi yang masih jadi pertanyaan dan misteri para pengemar anime ini. Siapa sebenarnya Saitama ? Mengapa seseorang yang awalnya pengangguran memiliki kekuatan berdaya hancur level dewa. Apak

Lima Tokoh Anime Botak yang Lebih Kuat dari Saitama

LIMAINDO - Dunia anime saat ini dihebohkan dengan kehadiran seorang tokoh komik yang telah diadaptasi ke serial anime. Kartun Saitama atau berjuluk One Punch Man . Sesuai dengan julukannya kartun  Saitama dapat menghabisi lawannya hanya dengan sekali pukul. Saitama merupakan seorang pengagguran malah menjadi pahlawan dengan alasan karena hobi. Terbukti beberapa pertarungan dimenangkan mutlak olehnya. Bahkan Genos seorang Cyborg brilian dan kuat harus mengakui dan berguru padanya. Menurut limaindo yang unik dan keren dari anime  One Punch Man ini kepalanya yang plontos atau botak gundul. Ini menunjukkan tokoh utama super hero atau orang kuat di anime tidak lagi didominasi mereka yang punya rambut panjang atau lebat. Usut punya usut ternyata ada banyak tokoh botak yang memiliki kekuatan super dan cara mengalahkan lawan. Bisa saja lebih kuat dari One Punch Man . Berikut di antaranya: Piccolo (Dragon Ball) Bagi mereka yang fans dragonball sangat paham sia

Lima Tanda Bahwa Goku Lebih Kuat Dari One Punch Man

  LIMAINDO -Bagi pecinta anime di Indonesia, serial anime On e Punch Man tentu tidak asing. Kartun dengan tokoh utama berkepala plontos ini, menceritakan seorang pengang