Langsung ke konten utama

Terkuak Fakta Lima Pahlawan di Duit Baru

Uang Rp50 ribu (foto: limaindo)
LIMAINDO- Bank Indonesia sudah mengeluarkan duit baru sejak akhir 2016. Sama dengan sebelum-sebelumnya, duit rupiah sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) masih menampilkan para pahlawan nasional.

Kehebatan uang baru Bank Indonesia punya desain baru dengan sistem keamanannya yang canggih dan tidak mudah ditiru uang palsu atau aspal.

Namun sayang masih banyak dari masyarakat khususnya kaula muda tidak mengetahui nama pahlawan di uang baru. Padahal  Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Ir Soekarno atau biasa disapa Bung Karno pernah berpesa: Jasmerah. Berarti Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Jangan sampai kejadian buruk menimpa bangsa ini, hanya karena generasi penerus yang acuh terhadap sejarah pejuang yang rela mati demi Ibu Pertiwi.

Berikut sebagian nama-nama pahlawan yang terdapat pada duit baru yang dibahas limaindo, dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Duit Rp20 ribu (foto: limaindo)
Ir H Raden Djuanda Kartawidjaja
Bank Indonesia sudah merilis duit baru Rp 50.000. Wajah pahlawan Kemerdekaan Djuanda Kartawidjaja menghiasi lembaran duit berwarna biru tersebut menggantikan wajah pahlawan sebelumnya Kolonel TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai. Banyak yang tidak tahu bahwa Djuanda Kartawidjaja adalah Perdana Menteri Indonesia ke 10 dan terakhir. Nama Djuanda juga diabadikan sebagai nama Bandara Ibternasional Surabaya.

Fakta dari pahlawan kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), 14 Januari 1911 ini adalah beliau sebagai pencetus Deklarasi Djuanda. Yaitu pernyataan kepada dunia internasional bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. Walau mendapat pertantangan namun deklarasi yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 kemudian diakui PBB pada tahun 1982.

Dr Gerungan Saul Samuel Jozias (GSSJ) Ratulangi

Gambar wajah Dr G.S.S.J Ratulangi atau lebih akrab dikenal Sam Ratulangi menghiasai duit pecahan Rp 20.000 menggantikan wajah pahlawan Oto Iskandar di Nata. Sam Ratulangi adalah satu di antara 21 anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dan berasal dari Sulawesi.

Kemudian Pahlawan Kemerdekaan Nasional Sam Ratulangi setelah lahirnya Negara Republik Indonesia, menjadi seorang Gubernur di antara delapan provinsi yang terbentuk. Sam Ratulangi kelahiran  Tondano, Sulawesi Utara, 5 November 1890 ditunjuk menjadi Gubernur Sulawesi yang pertama. Namanya diabadikan di Bandara Internasional Manado dan juga Universitas.
Uang Rp10 ribu (foto: limaindo)

Frans Kaisiepo

Frans Kaisiepo lahir di Biak, Papua, 10 Oktober 1921. Wajah dari Frans akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 10 ribu kertas menggantikan gambar Sultan Mahmud Badaruddin II. Nama Frans Kaisiepo juga diabadikan sebagai Bandara Internasional Biak Numfor dan nama kapal KRI 368 punya TNI Angkatan Laut.

Frans Kaisiepo bukanlah sembarang orang. Gubernur pertama Irian ini adalah sosok yang menentang usaha Belanda untuk mendirikan Negara Indonesia Timur. Atas jasa-jasanya Frans Kaisiepo digelari pahlawan nasional sesuai Keputusan Presiden Nomor 077/TK/1993.

Idham Chalid

Idham Chalid merupakan politikus yang berpengaruh pada eranya dan merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Wajahnya menghiasa duit baru pecahan Rp 5.000 menggantikan wajah Tuanku Imam Bonjol.

Idham Chalid pahlawan yang berasal dari Kalimantan Selatan. Dirinya terpilih sebagai Ketua PBNU saat masih berusia 34 tahun. Pahlawan yang lahir pada 27 Agustus 1921 ini pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Republik Indonesia pada masa Kabinet Djuanda dan kabinet Ali Sastroamidjojo II.
Uang Rp5 ribu (foto: limaindo)

Mohammad Hoesni Thamrin

Mohammad Hoesni Thamrin merupakan tokoh dari Organisasi Kaoem Betawi dan menjadi orang yang pertama kali sebagai anggota Dewan Rakyat di Hindia Belanda. Wajah Hoesni Thamrin yang termasuk perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia menghiasi pecahan uang Rp 2.000 menggantikan Pangeran Antasari.

Hoesni Thamrin lahir di Weltevreden, Batavia (Sekarang Jakarta), 16 Februari 1894. Thamrin dianggap tokoh penting dalam sepak bola tanah air. Pada tahun 1932 Thamrin pernah menyumbang uang senilai 2000 Gulden untuk pendirian lapangan sepak bola pertama kali khusus untuk rakyat Hindia Belanda Inlanders atau pribumi di Batavia (sekarang Jakarta). Namanya juga diabadikan sebagai salah satu jalan protokol di Jakaarta.
Uang Rp2 ribu (foto: limaindo)

Itulah sebagian pembahasan dari sosok-sosok pahlawan di pecahan uang baru. Mari kita tunggu pahlawan baru yang mungkin saja akan menghiasi pada pecahan uang baru 2018 atau tahun berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Kartun Saitama One-Punch-Man Belum Terungkap

LIMAINDO - Bagi para pengemar manga atau kartun tentu tahu tokoh Saitama yang sedang jadi buah bibir saat ini. Demam anime Saitama atau One Punch Man ini bahkan telah menjadi buah bibir para otaku seluruh dunia. Tiap hari google search ramai pencarian kata kunci anime yang bercerita seorang pengangguran ingin jadi super hero atau pahlawan karena hobi. Dengan kekuatan besar, Saitama hanya membutuhkan sekali hantaman untuk menghancur leburkan apa pun. Saitama kekuatannya diakui Cyborg Genos sebagai sensei , yang merupakan 17 top orang terkuat level S dari Asosiasi Pahlawan. Tidak hanya fisik, si One Punch Man ini harus menghadapi kecemburuan dari para pahlawan lain yang ternyata memiliki dinamika sendiri. Bahkan antara hero kelas C, B, A, serta S mempunyai persoalan yang cukup pelik. Tapi yang masih jadi pertanyaan dan misteri para pengemar anime ini. Siapa sebenarnya Saitama ? Mengapa seseorang yang awalnya pengangguran memiliki kekuatan berdaya hancur level dewa. Apak

Lima Tokoh Anime Botak yang Lebih Kuat dari Saitama

LIMAINDO - Dunia anime saat ini dihebohkan dengan kehadiran seorang tokoh komik yang telah diadaptasi ke serial anime. Kartun Saitama atau berjuluk One Punch Man . Sesuai dengan julukannya kartun  Saitama dapat menghabisi lawannya hanya dengan sekali pukul. Saitama merupakan seorang pengagguran malah menjadi pahlawan dengan alasan karena hobi. Terbukti beberapa pertarungan dimenangkan mutlak olehnya. Bahkan Genos seorang Cyborg brilian dan kuat harus mengakui dan berguru padanya. Menurut limaindo yang unik dan keren dari anime  One Punch Man ini kepalanya yang plontos atau botak gundul. Ini menunjukkan tokoh utama super hero atau orang kuat di anime tidak lagi didominasi mereka yang punya rambut panjang atau lebat. Usut punya usut ternyata ada banyak tokoh botak yang memiliki kekuatan super dan cara mengalahkan lawan. Bisa saja lebih kuat dari One Punch Man . Berikut di antaranya: Piccolo (Dragon Ball) Bagi mereka yang fans dragonball sangat paham sia

Lima Tanda Bahwa Goku Lebih Kuat Dari One Punch Man

  LIMAINDO -Bagi pecinta anime di Indonesia, serial anime On e Punch Man tentu tidak asing. Kartun dengan tokoh utama berkepala plontos ini, menceritakan seorang pengang