Langsung ke konten utama

Ternyata Indonesia Cuma Punya Tiga Orang Jenderal Bintang Lima!

Bapak Proklamator Ir Soekarno berbincang dengan Jenderal Besar AH Nasution dan Soeharto (Sumber Tribunmedan)
LIMAINDO- Bangsa yang besar adalah menghargai sejarahnya. Nih, walau generasi zaman now seharusnya juga tahu sejarah biar enggak jadi generasi micin.

Tahu tidak, Indonesia hanya punya tiga Jenderal pangkat bintang lima atau Jenderal Besar. Jenderal Besar berbeda dari pangkat polisi, Angkatan Udara (AU), atau Angkatan Laut (AL).

Kalau saja Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden ke enam Indonesia ini menerima pangkat kehormatan ini, Indonesia akan punya empat Jenderal Pangkat Bintang Lima.

Berikut ini daftar Jenderal Bintang Lima yang berprestasi dan beragama Islam, dirangkum Limaindo dari berbagai sumber.

Jenderal Besar Sudirman disegani dan ditakuti musuhnya

Jenderal Bintang Lima Sudirman
Nama Jenderal Sudirman disegani di Indonesia sampai dunia. Bahkan di Jepang ada patung spesial Sudirman di Negara Matahari tersebut. Strategi gerilyawan ampuh  Jenderal Sudirman dipelajari hingga ke luar negeri.

Jenderal besar yang bernama asli Raden Sudirman ini paling ditakuti dan diburu Belanda yang dibonceng NICA saat agresi militer keduanya semasa revolusi Indonesia. Perjuangan hebatnya dibuat film bersejarah. Jenderal Sudirman wafat pada umur 34 tahun.

Jenderal AH Nasution Bebas dari pembunuhan G30S

Jenderal Bintang Lima AH Nasution
Nama Jenderal Besar AH Nasution tidak asing bagi yang pernah menonton film kontroversial Gerakan 30 September (G30/S). Nama Jenderal Bintang Lima kelahiran Kotanopan, Sumatera Utara (Sumut) ini sesuai catatan sejarah adalah satu dari para Jenderal yang dituduh sebagai Dewan Revolusi yang dicap akan kudeta Presiden SOekarno. Namanya selalu ada di buku sejarah Indonesia.

Jenderal AH Nasution adalah konseptor Dwifungsi Angkatan Bersenjata RI (ABRI) yang diadopsi Presiden Soeharto. Atas jasanya AH Nasution dianugerahi pangkat kehormatan Jenderal Bintang Lima (Jenderal Besar) 21 tahun lalu (5 Oktober 1997). Ah Nasution yang pidatonya buat terenyuh saat pemakaman Jenderal korban G30S ini wafat di umur 81 tahun.

Jenderal Soeharto berbincang dengan Jenderal Besar AH Nasution
Jenderal Bintang Lima Soeharto
Jenderal Soeharto dijuluki dunia internasional The Smiling General (Jenderal yang tersenyum). Tahu tidak, ternyata dalam sejarah Tentara Indonesia Soeharto pernah dipecat AH Nasution dari Pangdam Yogyakarta.


Jenderal Soeharto menerima mandat Supersemar dari Soekarno untuk menumpaskan pemberontakan G30S. Dan kemudian Soeharto membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan simpatisannya dicap tahanan politik. Setelah itu kemudian karir Soeharto melejit hingga jadi Presiden kedua RI sekaligus presiden terlama menjabat sampai 32 tahun.

Namun pemerintahan Presiden kedua Indonesia yang kelahiran Bantul, Yogyakarta ini disebut-sebut masa kediktatoran militer. Demonstrasi mahasiswa berbuntut kericuhan hingga korban jiwa membuat pada 21 Mei 1998 Soeharto mundur dari Istana Merdeka.

Presiden Soeharto yang diusulkan jadi Pahlawan Nasional Indonesia ini wafat di umur 81 tahun. Terlepas dari kisah misteri dan rahasia penuh kontroversialnya, sosok Presiden Soeharto yang hanya anak petani ini menjadi kisah yang inspiratif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Kartun Saitama One-Punch-Man Belum Terungkap

LIMAINDO - Bagi para pengemar manga atau kartun tentu tahu tokoh Saitama yang sedang jadi buah bibir saat ini. Demam anime Saitama atau One Punch Man ini bahkan telah menjadi buah bibir para otaku seluruh dunia. Tiap hari google search ramai pencarian kata kunci anime yang bercerita seorang pengangguran ingin jadi super hero atau pahlawan karena hobi. Dengan kekuatan besar, Saitama hanya membutuhkan sekali hantaman untuk menghancur leburkan apa pun. Saitama kekuatannya diakui Cyborg Genos sebagai sensei , yang merupakan 17 top orang terkuat level S dari Asosiasi Pahlawan. Tidak hanya fisik, si One Punch Man ini harus menghadapi kecemburuan dari para pahlawan lain yang ternyata memiliki dinamika sendiri. Bahkan antara hero kelas C, B, A, serta S mempunyai persoalan yang cukup pelik. Tapi yang masih jadi pertanyaan dan misteri para pengemar anime ini. Siapa sebenarnya Saitama ? Mengapa seseorang yang awalnya pengangguran memiliki kekuatan berdaya hancur level dewa. Apak

Lima Tokoh Anime Botak yang Lebih Kuat dari Saitama

LIMAINDO - Dunia anime saat ini dihebohkan dengan kehadiran seorang tokoh komik yang telah diadaptasi ke serial anime. Kartun Saitama atau berjuluk One Punch Man . Sesuai dengan julukannya kartun  Saitama dapat menghabisi lawannya hanya dengan sekali pukul. Saitama merupakan seorang pengagguran malah menjadi pahlawan dengan alasan karena hobi. Terbukti beberapa pertarungan dimenangkan mutlak olehnya. Bahkan Genos seorang Cyborg brilian dan kuat harus mengakui dan berguru padanya. Menurut limaindo yang unik dan keren dari anime  One Punch Man ini kepalanya yang plontos atau botak gundul. Ini menunjukkan tokoh utama super hero atau orang kuat di anime tidak lagi didominasi mereka yang punya rambut panjang atau lebat. Usut punya usut ternyata ada banyak tokoh botak yang memiliki kekuatan super dan cara mengalahkan lawan. Bisa saja lebih kuat dari One Punch Man . Berikut di antaranya: Piccolo (Dragon Ball) Bagi mereka yang fans dragonball sangat paham sia

Lima Tanda Bahwa Goku Lebih Kuat Dari One Punch Man

  LIMAINDO -Bagi pecinta anime di Indonesia, serial anime On e Punch Man tentu tidak asing. Kartun dengan tokoh utama berkepala plontos ini, menceritakan seorang pengang